Dago Pakar merupakan objek wisata yang terkenal di Bandung, lokasinya berada di bagian utara dari kota Bandung tepatnya di Jalan Ir. H. Djuanda No 99. Dago Pakar adalah hutan yang masih dipertahankan hingga saat ini, dengan memberikan sajian pemandangan alam yang alami dan indah, sehingga Dago Pakar mendapat julukan sebagai Tahura atau Taman Hutan Raya. Mengunjungi Dago Pakar bukan hanya akan menikmati keindahan alamnya saja tetapi juga bisa menikmati wisata sejarah disini.

 Tahura atau Taman Hutan Raya berada tidak jauh dari pusat kota Bandung sekitar 3 km dari terminal Dago. Dago Pakar terletak di ketinggian 800 hingga 1350 meter di atas permukaan laut.

 Dago Pakar memiliki iklim udara yang sejuk karena masih banyaknya pepohonan yang besar dan cukup rindang. Dengan adanya Wisata Alam Dago Pakar ini bukan saja memberikan pemasukan finansial bagi pemerintah daerah tetapi juga sebagai tempat perkembangbiakan fauna dan flora di kota Bandung. Selain itu sebagai sarana pendidikan dan tempat pelatihan botani.

 Dago Pakar memiliki koleksi aneka macam flora dan fauna diantaranya adalah Kaliandra, Pohon Bambu, Pohon Pinus, Kayu Manis, Teklan, dan lainnya. Juga adanya Musang, Kera, Tupai dan beraneka ragam jenis burung.

Berkunjung ke Dago Pakar Anda bisa melakukan beberapa aktifitas diantaranya adalah :

a.    Berjalan kaki menembus hutan Maribaya

Kawasan Wisata Maribaya adalah kawasan yang berupa terusan dari Dago Pakar Lembang, kawasan yang memberikan pemandangan indah dari air terjunnya serta adanya air panas yang mempesona. Untuk sampai di daerah Maribaya Anda harus berjalan kaki sejauh 4 km melalui jalan setapak.

Di sepanjang perjalanan Anda akan menemui beberapa binatang liar seperti monyet, serangga atau beberapa burung. Maribaya bisa Anda nikmati dari sebuah jembatan yang terbuat dari kayu di seberang air terjun Curug Ciomas. Di sana bukan hanya bisa menikmati keindahan Curug Ciomas, tetapi juga adanya beberapa curug lainnya.

NIKMATNYA WISATA ALAM dan SEJARAH di DAGO BANDUNG

sumber: wego.co.id

Anda tidak perlu khawatir akan mencari tempat istirahat berupa hotel atau sejenisnya jika mengunjungi Maribaya, selain itu Anda juga bisa menemukan deretan beberapa warung yang menjual minuman hangat seperti bajigur dan bandrek yang bisa Anda nikmati.

b.    Mengunjungi Goa Belanda

Dago Pakar juga terdapat goa yang bisa Anda kunjungi, goa ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda untuk menikmati wisata sejarah. Goa yang merupakan salah satu peninggalan dari bangsa Belanda ini dulunya digunakan sebagai markas militer bagi bangsa Belanda.

Awal didirikannya sebagai saluran untuk pembangkit listrik tenaga air dan di gua ini merupakan PLTA pertama di Indonesia, berjalannya waktu saluran air ini dibuat dengan menggunakan pipa besar dan akhirnya goa Belanda ini berubah fungsi menjadi ruangan tempat penyimpanan senjata atau penjara pada masa itu.


sumber: hayyuretno.wordpress.com

c.    Mengunjungi Goa Jepang

Pada masa Jepang mulai menjajah Indonesia, Jepang pun mengambil alih wilayah ini dan membangun goa pula untuk menjadi tempat perlindungan keamanan mereka dengan letak tidak jauh dari bangunan Goa Belanda. Dalam pembangunan goa ini sangat banyak sekali korban jiwa bangsa Indonesia. Goa yang berfungsi hampir sama dengan goa Belanda ini telah lama tidak terurus.

Keadaan dari goa Belanda lebih baik dibandingkan dari goa Jepang karena goa Belanda telah direnofasi sedangkan goa Jepang memang dibiarkan tetap seperti alami tanpa adanya renofasi dari pemerintahan daerah setempat. Jika Anda mengunjungi goa Jepang maka akan menemukan banyak sekali kelelawar di dalamnya.

Di dalam goa Belanda dan goa Jepang sudah ada lampu sebagai penerangan jika Anda akan memasuki lebih dalam ke goanya, hanya saja lampu tersebut tidak terawatt dan dibiarkan rusak oleh penduduk setempatnya. Mungkin agar ada mata pencaharian bagi penduduk setempat dengan menawarkan jasa penyewaan senter dengan biaya Rp. 4.000/buah da nada juga jasa guide untuk memandu Anda selama di dalam goa dengan tarif sebesar Rp. 25.000/guide.

d.    Purba Bandung

Di sekitar lokasi dari goa juga adanya situs-situs peninggalan pada masa pra sejarah, lokasi ini sangat bagus bagi Anda yang menyukai akan wisata sejarah. Di sekitar kawasan ini ada danau yang menurut cerita merupakan saksi adanya manusia purba yang telah hidup pada masa itu.

 Adanya artefak yang berada di sekitar goa ini membuat akhirnya dibuatlah museum yang bisa Anda nikmati.

 Berada di Dago Pakar ini bukan hanya bisa menikmati keindahan alamnya yang sangat memukau tetapi juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang menyukai akan sejarah untuk bisa lebih banyak lagi belajar. Untuk memasuki area ini Anda hanya dikenakan tarif sebesar Rp. 7.500 dengan penambahan untuk asuransi sebesar Rp. 500 dan parkir untuk mobil Rp. 10.000 atau Rp. 5.000 untuk motor.

 Demi menjaga keindahan dan kenyaman bersama diharapkan agar Anda bisa lebih menjaga kebersihan di wilayah ini dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. Jika Anda akan berada lebih lama di Dago Pakar ini Anda bisa mencari informasi penginapan atau hotel dengan melihat informasi dari Traveloka.

Semoga perjalanan berlibur Anda akan lebih menyenangkan, tetap menjaga kondisi kesehatan dan bahagia selalu.