Bawaslu Kabupaten Rembang Menggandeng Blogger Untuk Berpartisipasi Melakukan Pengawasan Pemilu 2019

Rembang - Puluhan Blogger yang tergabung dalam komunitas GERBANG (Blogger Rembang), mengikuti sosialisasi pengawasan partisipatif yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kabupaten Rembang, Minggu (24/2).

Acara sosialisasi yang dimulai sekitar pukul 09.30 itu, bertujuan agar blogger yang kesehariannya memproduksi berita bersedia untuk ikut berpartisipasi dalam pengawasan pelaksanaan pemilu 2019.

Acara sosialisasi yang digelar di Pendopo Kecamatan Rembang ini, Bawaslu juga menghadirkan narasumber dari Komunitas Blogger Rembang.

Day Milovich, yang juga merupakan penulis dibeberapa portal berita besar di Indonesia mengatakan "Hoax itu pasti ada, tidak bisa dihapus. Yang terpenting, masyarakat kita ajak kepada gerakan literasi web. Agar masyarakat menjadi lebih cerdas dalam menerima atau menyebarkan informasi".

Dalam pemaparannya, Day juga menjelaskan bagaimana cara mendeteksi keaslian berita, apakah konten - konten ini bermasalah atau tidak. Langkah pendeteksian berita ini dimulai dari verifikasi berita, check and balance, derivasi fakta, manipulasi foto, perkiraan kuantitas dan sebagainya.

"Intinya, hoax itu tidak akan berpengaruh bagi orang - orang yang mendalami literasi". Pungkasnya.

Amin Fauzi, selaku Anggota Bawaslu Kabupaten Rembang dalam sambutannya menuturkan "Ada banyak hal yang bisa diawasi dalam pesta demokrasi tahun 2019 ini. Dan hemat kami, blogger merupakan salah satu elemen penting dalam beredarnya konten didunia maya".

"Anggota kami tersebar mulai dari RI, ke Provinsi, dilanjutkan ke kabupaten, kecamatan, desa, dan TPS. Namun jumlah pemilih dilapangan jauh lebih banyak. Karna itu, kami mendorong teman - teman untuk ikut berpartisipasi dalam proses pengawasan", imbuhnya.

Dari awal dibentuk Bawaslu Kabupaten Rembang memang sangat gencar melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif pemilu disemua elemen. Tujuannya untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

Selain itu, Bawaslu juga mengajak masyarakat untuk melawan dan melaporkan segala bentuk kecurangan pada pemilu nanti.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...