Desa Karangturi, Desa Budaya Penuh Toleransi dan Cinta


Desa Karangturi yang berada di kecamatan Lasem, kabupaten Rembang, Jawa Tengah adalah miniatur akulturasi budaya bangsa Indonesia sebagai perwujudan toleransi antar umat beragama dan beragam etnis dalam kebhinekaan.  


Melestarikan Bangunan Cagar Budaya serta membangun sumber daya manusia yang literat mengokohkan semangat juang menghargai dan melanjutkan perjuangan para pahlawan bangsa. 


Destinasi utama wisata Lasem meliputi cagar budaya bangunan pecinan, museum nusantara, batik tulis Lasem yang sudah ditetapkan UNESCO sebagai warisan dunia dan kopi lelet Lasem yang khas melegenda. 


Kalender wisata tahunan Lasem diantaranya batik carnival "Lasem Fest", Kesengsem Lasem, Laseman, Metamorfosa, dan masih banyak lagi. Kegiatan masyarakat tersebut sampai mendatangkan wisatawan mancanegara.


Pembuatan Desa Wisata Karangturi "Dewi Linusa" Desa Wisata Literasi Nusantara adalah membantu program pemerintah pusat Gerakan Literasi Nusantara yang di programkan Kemendikbud. Museum Islam Nusantara dikomplek Makam Adipati Tejokusumo Masjid Besar Lasem yang memiliki jendela bertuliskan Al Qur'an 30 Juz, Pondok Pesantren dikampung Pecinan serta Tiongkok Kecil menjadi bagian destinasi Integrasi pendidikan literasi Nusantara. 


Peran serta masyarakat dan pemerintah kabupaten sampai ditingkat pusat pada tahun 2021 ini melakukan renovasi Lasem Kota Pusaka. Penataan Lasem Kota Lama termasuk Desa Karangturi sebagai bagian prioritas pembangunan cagar budaya dari Kementerian PUPR mendukung gerakan wisata literasi nusantara.


Btw, saat ini Desa Karangturi, Kec. Lasem Kab. Rembang yang dikenal sebagai salah satu desa toleransi di Indonesia. Mohon doanya dulur kami sedang ikut lomba desa budaya Kemendikbud, semoga bisa menjadikan Rembang lebih dikenal lagi.

Setelah menonton video diatas, mohon klik link dibawah ini. jangan lupa juga bantuan subscribe,like dan komennya ya dulur dulur. 


https://youtu.be/-4yFaxgDAg4

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...