ayat bismillah dalam bahasa arab

Anda pasti sudah sering mendengar kalimat Bismillahirrahmanirrahim sebelum memulai sesuatu, baik itu membaca Al-Qur'an, makan, minum, atau melakukan aktivitas lainnya. Tapi tahukah Anda arti dari kalimat tersebut?

Arti Bismillahirrahmanirrahim

Bismillahirrahmanirrahim merupakan sebuah kalimat pembuka dalam Al-Qur'an yang artinya adalah "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang". Ada dua kata penting dalam kalimat tersebut, yaitu Rahman dan Rahim. Rahman artinya adalah Maha Pengasih, sedangkan Rahim artinya adalah Maha Penyayang.

Dalam Al-Qur'an, kalimat Bismillahirrahmanirrahim selalu menjadi pembuka setiap surat kecuali surat At-Taubah. Dalam hadits, juga dikatakan bahwa Rasulullah SAW selalu membaca kalimat tersebut sebelum melakukan aktivitas apapun.

Bacaan Ayat Bismillah dalam Bahasa Arab

Berikut adalah bacaan ayat Bismillahirrahmanirrahim dalam bahasa Arab:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Transliterasinya adalah Bismillahirrahmanirrahim. Adapun penulisan huruf Arabnya adalah seperti di atas.

Manfaat Membaca Ayat Bismillah

Membaca ayat Bismillah sebelum melakukan sesuatu memiliki banyak manfaat. Pertama, membaca ayat tersebut dapat menjadi pengingat bahwa segala sesuatu yang kita lakukan haruslah atas nama Allah SWT. Kedua, membaca ayat Bismillah dapat membuat hati menjadi tenang dan fokus pada aktivitas yang akan dilakukan. Ketiga, membaca ayat tersebut juga dapat menjadi bentuk syukur kepada Allah SWT karena telah diberi kesempatan untuk melakukan aktivitas tersebut.

Keutamaan Membaca Ayat Bismillah

Membaca ayat Bismillah juga memiliki keutamaan yang sangat besar. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda,

"Setiap perkara yang tidak diawali dengan Bismillahirrahmanirrahim adalah terputus (tidak berkah)." (HR. Tirmidzi)

Dari hadits tersebut, dapat dipahami bahwa membaca ayat Bismillah dapat memberikan berkah dan kesuksesan dalam segala hal yang kita lakukan. Selain itu, membaca ayat Bismillah juga dapat menjadi bentuk perlindungan dari segala kejahatan dan bencana.

Membaca Ayat Bismillah Sebagai Amalan Harian

Untuk mendapatkan manfaat dan keutamaan dari membaca ayat Bismillah, sebaiknya membiasakan diri untuk membacanya sebelum melakukan aktivitas apapun. Mulailah dengan membaca ayat tersebut sebelum makan dan minum, kemudian membaca ayat Bismillah sebelum memulai aktivitas lainnya seperti bekerja, belajar, atau berkendara.

Dengan membaca ayat Bismillah sebelum melakukan aktivitas, kita dapat memperoleh manfaat dan keutamaan yang dijanjikan oleh Allah SWT. Selain itu, membaca ayat tersebut juga dapat menjadi pengingat bahwa segala sesuatu yang kita lakukan haruslah atas nama-Nya dan untuk-Nya.

Penutup

Bismillahirrahmanirrahim adalah kalimat pembuka dalam Al-Qur'an yang memiliki arti "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang". Membaca ayat Bismillah sebelum melakukan aktivitas memiliki banyak manfaat dan keutamaan, seperti memberikan berkah, perlindungan dari kejahatan, dan sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT. Oleh karena itu, mari membiasakan diri untuk membaca ayat Bismillah sebelum melakukan aktivitas apapun agar kita dapat memperoleh manfaat dan keutamaan yang dijanjikan oleh Allah SWT.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...