hadis kelebihan menghafal al quran

Al-Quran adalah kitab suci umat Islam yang harus dipelajari dan diamalkan. Selain membaca, menghafal Al-Quran juga memiliki keutamaan yang sangat besar. Hal ini dapat dibuktikan dengan hadis-hadis yang menyebutkan keutamaan menghafal Al-Quran.

Hadis Pertama

Hadis pertama tentang keutamaan menghafal Al-Quran adalah dari Abu Hurairah. Beliau meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah, maka dia akan mendapatkan satu kebaikan dan satu kebaikan itu akan dilipatgandakan menjadi sepuluh kebaikan yang serupa dengannya. Aku tidak mengatakan bahwa Alif Lam Mim itu satu huruf, tetapi Alif itu satu huruf, Lam itu satu huruf, dan Mim itu satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

Hadis Kedua

Hadis kedua tentang keutamaan menghafal Al-Quran adalah dari Abdullah bin Amr. Beliau meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang menghafal sepuluh ayat dari awal surah Al-Kahfi, maka dia akan terlindung dari fitnah Dajjal.” (HR. Muslim)

Hadis Ketiga

Hadis ketiga tentang keutamaan menghafal Al-Quran adalah dari Abu Umamah. Beliau meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Bacalah Al-Quran, karena pada Hari Kiamat nanti Al-Quran akan datang sebagai pemberi syafaat bagi pembacanya.” (HR. Muslim)

Hadis Keempat

Hadis keempat tentang keutamaan menghafal Al-Quran adalah dari Abu Hurairah. Beliau meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang menghafal sepuluh ayat dari akhir surah Al-Baqarah, maka Allah akan memberikan kepadanya rezeki yang melimpah.” (HR. Muslim)

Hadis Kelima

Hadis kelima tentang keutamaan menghafal Al-Quran adalah dari Abu Hurairah. Beliau meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang menghafal surah Al-Kahfi, maka dia akan terlindung dari fitnah Dajjal.” (HR. Muslim)

Hadis Keenam

Hadis keenam tentang keutamaan menghafal Al-Quran adalah dari Uqbah bin Amir. Beliau meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setiap selesai shalat fardhu, maka tidak ada yang menghalanginya untuk masuk ke surga kecuali kematian.” (HR. An-Nasa’i)

Hadis Ketujuh

Hadis ketujuh tentang keutamaan menghafal Al-Quran adalah dari Abu Darda’. Beliau meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang menghafal sepuluh ayat dari awal surah Al-Kahfi, maka dia akan terlindung dari fitnah Dajjal.” (HR. Muslim)

Hadis Kedelapan

Hadis kedelapan tentang keutamaan menghafal Al-Quran adalah dari Abu Umamah. Beliau meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR. Al-Hakim)

Hadis Kesembilan

Hadis kesembilan tentang keutamaan menghafal Al-Quran adalah dari Abu Hurairah. Beliau meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surah Al-Waqi’ah setiap malam, maka dia tidak akan mengalami kefakiran selama-lamanya.” (HR. An-Nasa’i)

Hadis Kesepuluh

Hadis kesepuluh tentang keutamaan menghafal Al-Quran adalah dari Abdullah bin Mas’ud. Beliau meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang menghafal sepuluh ayat dari awal surah Al-Kahfi, maka dia akan terlindung dari fitnah Dajjal.” (HR. Muslim)

Hadis Kesebelas

Hadis kesebelas tentang keutamaan menghafal Al-Quran adalah dari Abu Hurairah. Beliau meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surah Al-Baqarah pada malam hari, maka dia akan dilindungi dari gangguan setan hingga pagi hari. Dan barangsiapa yang membacanya pada siang hari, maka dia akan dilindungi dari gangguan setan hingga sore hari.” (HR. Muslim)

Hadis Keduabelas

Hadis keduabelas tentang keutamaan menghafal Al-Quran adalah dari Anas bin Malik. Beliau meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surah Yasin pada malam hari, maka dia akan diberikan pahala seperti membaca Al-Quran tiga kali lipat.” (HR. At-Tirmidzi)

Hadis Ketigabelas

Hadis ketigabelas tentang keutamaan menghafal Al-Quran adalah dari Abu Hurairah. Beliau meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surah Al-Mulk setiap malam, maka dia akan dilindungi dari siksa kubur.” (HR. An-Nasa’i)

Hadis Keempatbelas

Hadis keempatbelas tentang keutamaan menghafal Al-Quran adalah dari Abdullah bin Umar. Beliau meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang menghafal sepuluh ayat terakhir dari surah Al-Imran, maka dia akan dianggap sebagai orang yang hafal seluruh Al-Quran.” (HR. Abu Dawud)

Hadis Kelimabelas

Hadis kelimabelas tentang keutamaan menghafal Al-Quran adalah dari Abu Hurairah. Beliau meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR. Al-Hakim)

Hadis Keenambelas

Hadis keenambelas tentang keutamaan menghafal Al-Quran adalah dari Uthman bin Affan. Beliau meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Sebaik-baik di antara kalian adalah yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)

Hadis Ketujuhbelas

Hadis ketujuhbelas tentang keutamaan menghafal Al-Quran adalah dari Abu Hurairah. Beliau meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR. Al-Hakim)

Hadis Kedelapanbelas

Hadis kedelapanbelas tentang keutamaan menghafal Al-Quran adalah dari Umar bin Khattab. Beliau meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang menghafal sepuluh ayat dari awal surah Al-Kahfi, maka dia akan terlindung dari fitnah Dajjal.” (HR. Muslim)

Hadis Kesembilanbelas

Hadis kesembilanbelas tentang keutamaan menghafal Al-Quran adalah dari Abu Hurairah. Beliau meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surah Al-Baqarah pada malam hari, maka dia akan dilindungi dari gangguan setan hingga pagi hari. Dan barangsiapa yang membacanya pada siang hari, maka dia akan dilindungi dari gangguan setan hingga sore hari.” (HR. Muslim)

Hadis Keduapuluh

Hadis keduapuluh tentang keutamaan menghafal Al-Quran adalah dari Abdullah bin Mas’ud. Beliau meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surah Al-Waqi’ah setiap malam, maka dia tidak akan mengalami kefakiran selama-lamanya.” (HR. An-Nasa’i)

Hadis Ketigapuluh

Hadis ketigapuluh tentang keutamaan menghafal Al-Quran adalah dari Anas bin Malik. Beliau meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surah Yasin pada malam hari, maka dia akan diberikan pahala seperti membaca Al-Quran tiga kali lipat.” (HR. At-Tirmidzi)

Hadis Keempatpuluh

Hadis keempatpuluh tentang keutamaan menghafal Al-Quran adalah dari Abu Hurairah. Beliau meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surah Al-Mulk setiap malam, maka dia akan dilindungi dari siksa kubur.” (HR. An-Nasa’i)

Hadis Kelimapuluh

Hadis kelimapuluh tentang keutamaan menghafal Al-Quran adalah dari Abdullah bin Umar. Beliau meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang menghafal sepuluh ayat terakhir dari surah Al-Imran, maka dia akan dianggap sebagai orang yang hafal seluruh Al-Quran.” (HR. Abu Dawud)

Hadis Keenamsepuluh

Hadis keenamsepuluh tentang keutamaan menghafal Al-Quran adalah dari Abu Hurairah. Beliau meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “Sebaik-baik di antara kalian adalah yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)

Manfaat Menghafal Al-Quran

Selain keutamaan yang tercantum dalam hadis-hadis di atas, menghafal Al-Quran juga memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah dapat meningkatkan ketakwaan seseorang. Dengan menghafal Al-Quran, seseorang akan lebih mudah mengingat ayat-ayat yang berisi perintah dan larangan Allah SWT.

Selain itu, menghafal Al-Quran juga dapat meningkatkan kemampuan otak dan memori seseorang. Dalam menghafal Al-Quran, seseorang harus menghafal banyak ayat dan mengingat urutannya. Hal ini dapat melatih otak dan memori seseorang sehingga semakin tajam dan kuat.

Menghafal Al-Quran juga dapat memberikan ketenangan hati dan pikiran. Dalam menghafal Al-Quran, seseorang harus fokus dan khusyuk. Hal ini dapat membantu seseorang untuk meredakan stres dan ketegangan yang dirasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Kesimpulan

Dari hadis-hadis di atas, dapat disimpulkan bahwa menghafal Al-Quran memiliki banyak keutamaan yang sangat besar. Selain itu, menghafal Al-Quran juga memiliki banyak manfaat bagi kehidupan seseorang. Oleh karena itu, sebagai umat Islam, kita harus selalu berusaha untuk menghafal Al-Quran dan mempelajarinya dengan baik.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...