kelebihan puasa arafah mufti wilayah

Puasa Arafah adalah puasa sunnah yang dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah, yaitu pada hari Arafah. Hari Arafah sendiri adalah hari yang sangat dihormati di dalam agama Islam karena di hari tersebut, jutaan umat muslim dari berbagai belahan dunia berkumpul di Padang Arafah untuk menunaikan ibadah haji.

Adapun kelebihan puasa Arafah menurut Mufti Wilayah adalah sebagai berikut:

1. Mendapat Pahala Besar

Puasa Arafah merupakan salah satu puasa yang pahalanya sangat besar di sisi Allah SWT. Hal ini disebabkan karena pada hari Arafah, Allah SWT mengampuni dosa-dosa hamba-Nya yang berpuasa. Bahkan, pahala puasa Arafah bisa menyamai dengan pahala haji.

2. Menghapuskan Dosa-dosa

Sebagaimana yang disebutkan pada hadis riwayat Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda bahwa puasa Arafah dapat menghapuskan dosa-dosa selama setahun sebelumnya dan setahun ke depannya. Maka, dengan berpuasa Arafah, kita dapat membersihkan diri dari dosa-dosa kita dan memperoleh ampunan dari Allah SWT.

3. Menjaga Kesehatan Tubuh

Banyak orang yang ragu untuk berpuasa Arafah karena takut akan merusak kesehatan tubuh. Namun sebenarnya, puasa Arafah dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Karena pada saat puasa, tubuh kita dapat membersihkan racun dan zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

4. Menambah Ketaqwaan

Setiap ibadah yang dilakukan dengan niat yang tulus dan ikhlas pasti akan menambah ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Begitu juga dengan puasa Arafah, dengan berpuasa kita dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan ketaqwaan kita kepada-Nya.

5. Mendapat Syafaat Nabi Muhammad SAW

Sebagaimana yang dinyatakan dalam hadis riwayat Abu Daud, Rasulullah SAW bersabda bahwa puasa Arafah dapat memberikan syafaat di hari kiamat nanti. Sehingga, dengan berpuasa Arafah, kita dapat memperoleh syafaat dari Nabi Muhammad SAW di hari kiamat kelak.

6. Mendapat Kemuliaan di Mata Allah SWT

Orang yang berpuasa Arafah akan mendapat kemuliaan di mata Allah SWT. Hal ini disebabkan karena puasa Arafah merupakan salah satu ibadah yang sangat dicintai oleh Allah SWT. Sehingga, orang yang melaksanakan puasa Arafah akan mendapat kemuliaan dan penghormatan di mata Allah SWT.

7. Meningkatkan Keimanan dan Ketakwaan

Puasa Arafah juga dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Dengan berpuasa, kita dapat lebih memahami makna dari ibadah puasa dan menghayati nilai-nilai keimanan dan ketakwaan yang terkandung di dalamnya.

8. Mendapat Kesempatan untuk Memperbaiki Diri

Berpuasa Arafah juga memberikan kesempatan bagi kita untuk memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas diri. Karena pada saat berpuasa, kita diharuskan untuk menahan diri dari segala hal yang dapat merusak ibadah puasa kita, sehingga kita dapat lebih memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas diri kita sebagai hamba Allah SWT.

9. Mendapat Berkat dalam Kehidupan Dunia dan Akhirat

Sebagaimana yang disebutkan dalam hadis riwayat At-Tirmidzi, orang yang berpuasa Arafah akan mendapat berkat dalam kehidupan dunia dan akhirat. Maka, dengan berpuasa Arafah, kita dapat memperoleh berbagai keberkahan dari Allah SWT yang dapat membantu kita dalam kehidupan dunia dan akhirat.

10. Menjadi Lebih Dekat dengan Sesama

Puasa Arafah juga dapat membantu kita untuk lebih dekat dengan sesama. Karena pada saat berpuasa, kita diharuskan untuk menahan diri dari segala hal yang dapat merusak puasa kita, sehingga kita dapat lebih memperhatikan dan membantu sesama yang membutuhkan.

Demikianlah kelebihan puasa Arafah menurut Mufti Wilayah. Mari kita tingkatkan ibadah kita dengan melaksanakan puasa Arafah dan memperoleh berbagai keberkahan dari Allah SWT.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...