kelebihan zikir la ilaha illallah wahdahu la syarikalah

Pengenalan

Zikir adalah suatu ibadah yang telah diajar oleh Rasulullah SAW kepada umatnya. Zikir adalah mengingati Allah SWT dengan menyebut nama-Nya atau memuji sifat-sifat-Nya. Salah satu zikir yang sangat dianjurkan adalah La Ilaha Illallah Wahdahu La Syarikalah. Apa kelebihan dari zikir ini? Simak penjelasannya di bawah ini.

Membuka Pintu Surga

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mengucapkan La ilaha illallah wahdahu la syarikalah, lahu al-mulk wa lahu al-hamd, wa huwa ‘ala kulli shay’in qadir sepuluh kali, maka baginya satu pohon di surga sebagaimana pohon kurma.” (HR. Bukhari dan Muslim)Dalam hadits di atas, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa dengan mengucapkan kalimat La Ilaha Illallah Wahdahu La Syarikalah sebanyak sepuluh kali, maka seseorang akan mendapat pahala seperti memiliki satu pohon di surga. Ini menunjukkan bahwa zikir ini bisa membuka pintu surga bagi orang yang mengamalkannya dengan sungguh-sungguh.

Menjaga Iman

La Ilaha Illallah Wahdahu La Syarikalah adalah kalimat tauhid yang artinya hanya ada satu Tuhan yang berhak disembah yaitu Allah SWT. Dengan mengucapkan zikir ini, kita menyatakan keimanan kita kepada Allah SWT. Selain itu, zikir ini juga bisa membantu kita untuk menjaga iman agar tidak goyah karena pengaruh lingkungan yang negatif.

Menjaga Kesucian Hati

Zikir La Ilaha Illallah Wahdahu La Syarikalah juga bisa membantu kita untuk menjaga kesucian hati. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mengucapkan La ilaha illallah wahdahu la syarikalah, lahu al-mulk wa lahu al-hamd, wa huwa ‘ala kulli shay’in qadir sebanyak seratus kali dalam sehari, maka kebaikan itu sama dengan memerdekakan sepuluh budak, dicatat baginya seratus kebaikan, dihapus darinya seratus keburukan dan itu adalah perlindungan darinya dari setan pada hari itu sampai maghrib.”Dalam hadits di atas, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa dengan mengucapkan zikir ini sebanyak seratus kali dalam sehari, maka kita akan mendapat kebaikan yang sama dengan memerdekakan sepuluh budak. Selain itu, kebaikan tersebut juga bisa menghapus seratus keburukan dan menjadi perlindungan dari setan.

Mendapat Syafaat Nabi Muhammad SAW

Zikir La Ilaha Illallah Wahdahu La Syarikalah juga bisa membantu kita untuk mendapat syafaat Nabi Muhammad SAW di akhirat kelak. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mengucapkan La ilaha illallah wahdahu la syarikalah, lahu al-mulk wa lahu al-hamd, wa huwa ‘ala kulli shay’in qadir sebanyak seratus kali dalam sehari, maka itu lebih baik baginya daripada memerdekakan sepuluh budak, ditulis baginya seratus kebaikan, dihapus darinya seratus keburukan dan itu adalah perlindungan darinya dari setan pada hari itu sampai maghrib, dan tidak ada yang dapat mendekatkan hamba kepada Allah SWT selain dengan amal yang wajib dan sunnah.”Dalam hadits di atas, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa dengan mengucapkan zikir ini sebanyak seratus kali dalam sehari, maka itu lebih baik baginya daripada memerdekakan sepuluh budak. Selain itu, kebaikan tersebut juga bisa menghapus seratus keburukan dan menjadi perlindungan dari setan. Namun, kita juga harus tetap menjalankan amal wajib dan sunnah sebagai bentuk ketakwaan kepada Allah SWT.

Menjaga Kesehatan

Zikir La Ilaha Illallah Wahdahu La Syarikalah juga bisa membantu kita untuk menjaga kesehatan. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mengucapkan La ilaha illallah wahdahu la syarikalah, lahu al-mulk wa lahu al-hamd, wa huwa ‘ala kulli shay’in qadir sebanyak seratus kali dalam sehari, maka itu akan menjadi obat bagi tujuh puluh jenis penyakit, yaitu penyakit hati, penyakit mata, penyakit kulit, penyakit lambung, penyakit usus, penyakit ginjal dan penyakit gigi.”Dalam hadits di atas, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa dengan mengucapkan zikir ini sebanyak seratus kali dalam sehari, maka itu akan menjadi obat bagi tujuh puluh jenis penyakit. Ini menunjukkan bahwa zikir ini bisa membantu kita untuk menjaga kesehatan secara fisik dan spiritual.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa zikir La Ilaha Illallah Wahdahu La Syarikalah memiliki banyak kelebihan. Diantaranya adalah membuka pintu surga, menjaga iman, menjaga kesucian hati, mendapat syafaat Nabi Muhammad SAW, menjaga kesehatan, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, marilah kita mengamalkan zikir ini dengan sungguh-sungguh agar kita bisa mendapatkan keberkahan dan kebaikan dari Allah SWT.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...