cara solat istikharah mohon petunjuk

Solat istikharah adalah salah satu doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umat Islam. Doa ini biasanya dilakukan ketika seseorang menghadapi suatu keputusan yang penting dan memerlukan petunjuk dari Allah SWT. Bagi yang belum pernah melakukan solat istikharah, berikut adalah cara melakukan solat istikharah mohon petunjuk.

Persiapan Sebelum Melakukan Solat Istikharah

Sebelum melakukan solat istikharah, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan agar solat tersebut dapat dilaksanakan dengan khusyuk dan benar. Berikut adalah persiapan sebelum melakukan solat istikharah:

1. Wudhu

Lakukan wudhu seperti biasa sebelum melakukan solat. Pastikan semua anggota tubuh sudah bersih dan suci dari hadas besar maupun hadas kecil.

2. Niat

Buatlah niat dalam hati untuk melakukan solat istikharah dengan maksud memohon petunjuk dari Allah SWT dalam mengambil suatu keputusan.

3. Sholat Sunnah Tahiyatul Masjid

Sebelum melakukan solat istikharah, ada baiknya untuk melakukan sholat sunnah tahiyatul masjid terlebih dahulu untuk memperoleh keutamaan dari Allah SWT.

Cara Melakukan Solat Istikharah Mohon Petunjuk

Setelah melakukan persiapan di atas, berikut adalah cara melakukan solat istikharah mohon petunjuk:

1. Sholat Sunnah 2 Rakaat

Sebelum melakukan solat istikharah, lakukan sholat sunnah 2 rakaat dengan niat sholat sunnah istikharah.

2. Doa Istikharah

Setelah selesai sholat sunnah 2 rakaat, baca doa istikharah dengan khusyuk dan tawakal kepada Allah SWT. Doa istikharah sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ إِنِّىْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَا أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلَا أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوْبِ اللّٰهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الْأَمْرَ خَيْرٌ لِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الْأَمْرَ شَرٌّ لِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِىْ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِىْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِىَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ

3. Tidur

Setelah membaca doa istikharah, tidurlah dengan tenang dan yakin bahwa Allah SWT akan memberikan petunjuk yang terbaik untuk kita.

4. Tafsir Mimpi

Jika dalam tidur kita bermimpi, maka tafsir mimpi tersebut dapat memberikan petunjuk dari Allah SWT. Namun, jika tidak bermimpi, maka kita tetap bisa meminta petunjuk dari Allah SWT melalui firasat atau perasaan.

5. Bertindak

Setelah melakukan solat istikharah, kita harus tetap berusaha dan bertindak dengan berdasarkan keputusan yang kita ambil. Kita harus yakin bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik untuk kita.

Manfaat Melakukan Solat Istikharah Mohon Petunjuk

Ada beberapa manfaat yang dapat kita peroleh ketika melakukan solat istikharah mohon petunjuk, di antaranya:

1. Mendapatkan Petunjuk dari Allah SWT

Dengan melakukan solat istikharah, kita akan mendapatkan petunjuk dari Allah SWT dalam mengambil suatu keputusan.

2. Menguatkan Iman dan Tawakal Kepada Allah SWT

Dengan melakukan solat istikharah, kita akan semakin memperkuat iman dan tawakal kita kepada Allah SWT.

3. Menghindari Kesalahan dalam Mengambil Keputusan

Dengan mendapatkan petunjuk dari Allah SWT, kita dapat menghindari kesalahan dalam mengambil keputusan yang dapat berdampak buruk bagi diri kita.

Kesimpulan

Solat istikharah adalah salah satu doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umat Islam. Doa ini berguna untuk meminta petunjuk dari Allah SWT dalam mengambil suatu keputusan penting. Dalam melakukan solat istikharah, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan seperti wudhu, niat, dan sholat sunnah. Setelah itu, lakukan solat istikharah dan baca doa istikharah dengan khusyuk. Jangan lupa untuk tidur dengan tenang dan yakin bahwa Allah SWT akan memberikan petunjuk yang terbaik untuk kita. Selanjutnya, bertindaklah dengan berdasarkan keputusan yang kita ambil. Dengan melakukan solat istikharah, kita akan mendapatkan petunjuk dari Allah SWT, memperkuat iman dan tawakal kita kepada Allah SWT, serta menghindari kesalahan dalam mengambil keputusan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...