cara solat tahajud aku islam

Salat tahajud adalah salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Tahajud adalah salat malam yang dilakukan setelah waktu Isya dan sebelum waktu Subuh. Ibadah tahajud ini memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan maupun spiritual. Bagaimana cara solat tahajud yang benar? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Persiapan Sebelum Salat Tahajud

Sebelum melaksanakan salat tahajud, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Pertama, bersihkan diri dari hadas besar dan hadas kecil dengan mandi atau berwudhu. Kedua, pilih baju yang bersih dan sopan. Ketiga, pilih tempat yang tenang dan bersih untuk melaksanakan salat tahajud.

2. Membaca Niat Salat Tahajud

Setelah persiapan selesai, bacalah niat salat tahajud di dalam hati. Niat salat tahajud adalah sebagai berikut: “Aku niat melakukan salat tahajud dua rakaat karena Allah Ta’ala”.

3. Membaca Doa Tahajud

Doa tahajud bisa dibaca sebelum atau sesudah salat tahajud. Doa ini bisa membantu kita memperbaiki kualitas salat dan memperoleh keberkahan dari Allah SWT. Berikut adalah doa tahajud yang bisa dibaca:

“Allahumma lakal-hamdu anta noorus-samaawaati wal-ardi wa man fihinna. Wa lakal-hamdu anta qaiyyimus-samaawaati wal-ardi wa man fihinna. Wa lakal-hamdu anta rabbus-samaawaati wal-ardi wa man fihinna. Wa lakal-hamdu anta malikus-samaawaati wal-ardi wa man fihinna. Wa lakal-hamdu anta haqqun wa wa’dakal haqqun wawa’dul-jannatu haqqun wawa’dunnaaru haqqun wawa’dul-saa’atu haqqun. Allahumma aslamtu nafsi ilaika wa wajjahtu wajhi ilaika wa fawwadtu amri ilaika wa alja’tu zahri ilaika raghbatan wa rahbatan ilaika laa malja’a wa laa manja minka illa ilaika. Allahumma aamantu bika wa bikitabikalladzi anzalt wa binaabiyyikalladzi arsalt.”

4. Membaca Surat Al-Fatihah

Setelah membaca doa tahajud, bacalah surat Al-Fatihah sebanyak satu kali. Surat Al-Fatihah adalah surat pembuka dalam Al-Quran dan menjadi salah satu syarat sahnya salat.

5. Membaca Surat-Surat Pendek

Setelah membaca surat Al-Fatihah, bacalah surat-surat pendek lainnya. Surat yang bisa dibaca adalah surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Bacalah setiap surat sebanyak satu kali.

6. Ruku

Setelah membaca surat-surat pendek, rukulah sebanyak satu kali. Ruku adalah sujud yang dilakukan dengan membungkukkan badan hingga tangan menyentuh lutut.

7. I’tidal

Setelah ruku, bangkitlah kembali ke posisi berdiri dan bacalah doa i’tidal. Doa i’tidal adalah sebagai berikut: “Sami’allahu liman hamidah, Rabbanaa wa lakal hamd”.

8. Sujud

Setelah i’tidal, sujudlah sebanyak satu kali. Sujud adalah sujud yang dilakukan dengan membungkukkan badan hingga dahi menyentuh lantai.

9. Duduk Antara Dua Sujud

Setelah sujud, duduklah sebentar sebelum melakukan sujud kedua. Duduk antara dua sujud ini dilakukan dengan posisi duduk seperti duduk biasa.

10. Sujud Kedua

Setelah duduk, sujudlah sebanyak satu kali lagi. Sujud kedua ini sama seperti sujud pertama.

11. Tasyahud Awal

Setelah sujud kedua, bacalah tasyahud awal. Tasyahud adalah doa yang dibaca saat duduk dalam salat. Tasyahud awal adalah sebagai berikut: “At-tahiyyaatu lillaahi was shalawaatu wat-tayyibaatu. As-salaamu ‘alayka ayyuhan-Nabiyyu wa rahmatullaahi wa barakaatuh. As-salaamu ‘alaynaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahis-saaliheen. Ashhadu an laa ilaaha illallaah wa ashhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasooluhu”.

12. Membaca Doa Setelah Tasyahud Awal

Setelah tasyahud awal, bacalah doa setelah tasyahud awal. Doa ini bisa dibaca dengan bahasa Indonesia atau bahasa Arab. Berikut adalah contoh doa yang bisa dibaca:

“Allahumma salli ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad kamaa sallaita ‘ala Ibraaheem wa ‘ala aali Ibraaheem innaka hameedun majeed. Allahumma baarik ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad kamaa baarakta ‘ala Ibraaheem wa ‘ala aali Ibraaheem innaka hameedun majeed”.

13. Tasyahud Akhir

Setelah membaca doa setelah tasyahud awal, bacalah tasyahud akhir. Tasyahud akhir adalah doa yang dibaca sebelum salam. Tasyahud akhir adalah sebagai berikut: “Allahumma salli ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad kamaa sallaita ‘ala Ibraaheem wa ‘ala aali Ibraaheem innaka hameedun majeed. Allahumma baarik ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad kamaa baarakta ‘ala Ibraaheem wa ‘ala aali Ibraaheem innaka hameedun majeed. As-salaamu ‘alayka ayyuhan-Nabiyyu wa rahmatullaahi wa barakaatuh. As-salaamu ‘alaynaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahis-saaliheen”.

14. Salam

Setelah membaca tasyahud akhir, salamlah ke kanan dan ke kiri dengan mengucapkan salam. Salam ini menandakan bahwa salat telah selesai.

15. Keutamaan Salat Tahajud

Salat tahajud memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi kehidupan kita. Beberapa keutamaan salat tahajud antara lain:

  • Lebih dekat dengan Allah SWT
  • Mendapat pahala yang besar
  • Memperbaiki kualitas salat
  • Menjaga kesehatan tubuh dan pikiran
  • Meningkatkan kesabaran dan keteguhan hati

16. Kesimpulan

Salat tahajud adalah ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Salat tahajud dilakukan pada malam hari setelah waktu Isya dan sebelum waktu Subuh. Tahajud memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan maupun spiritual. Untuk melaksanakan salat tahajud, kita harus mempersiapkan diri dengan bersih dan sopan, membaca niat dan doa tahajud, membaca surat Al-Fatihah dan surat-surat pendek, ruku, i’tidal, sujud, duduk antara dua sujud, tasyahud awal dan akhir, serta mengucapkan salam. Semoga ibadah tahajud kita diterima oleh Allah SWT.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...