hadis kelebihan belajar al quran

Al-Quran adalah kitab suci yang menjadi petunjuk hidup umat Islam. Belajar Al-Quran adalah kewajiban bagi setiap Muslim. Selain menjadi ibadah, belajar Al-Quran juga memiliki banyak kelebihan. Berikut ini beberapa kelebihan belajar Al-Quran menurut hadis:

1. Mendapat Pahala

Belajar Al-Quran akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT. Hal ini karena Al-Quran adalah firman Allah SWT yang suci dan mulia. Sebagaimana firman Allah dalam QS Al-Isra ayat 9, "Sesungguhnya Al-Quran itu memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberikan kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan kebajikan, bahwa bagi mereka ada pahala yang besar."

2. Menjadi Lebih Dekat dengan Allah SWT

Belajar Al-Quran akan membuat seseorang menjadi lebih dekat dengan Allah SWT. Hal ini karena Al-Quran adalah firman Allah SWT yang mengandung ajaran dan petunjuk hidup yang harus diikuti oleh setiap Muslim. Sebagaimana firman Allah dalam QS Al-An'am ayat 155, "Dan ini adalah suatu kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah, supaya mereka memperhatikan ayat-ayat-Nya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran."

3. Menjadi Lebih Berilmu

Belajar Al-Quran juga akan membuat seseorang menjadi lebih berilmu. Hal ini karena Al-Quran mengandung banyak ilmu pengetahuan dan hikmah yang dapat diambil sebagai pedoman hidup. Sebagaimana firman Allah dalam QS Al-An'am ayat 97, "Dan Dialah yang menjadikan bintang-bintang (untuk dilihat) oleh kamu, supaya kamu mendapat petunjuk dengan bintang-bintang itu dalam gelap gulita di darat dan laut. Kami telah menjelaskan tanda-tanda (kebesaran) Kami untuk orang yang memahami."

4. Menjadi Lebih Berakhlak Mulia

Belajar Al-Quran juga akan membuat seseorang menjadi lebih berakhlak mulia. Hal ini karena Al-Quran mengandung banyak ajaran yang mengajarkan tentang akhlak yang baik dan benar. Sebagaimana firman Allah dalam QS Al-Qalam ayat 4, "Dan sesungguhnya kamu (wahai Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang agung."

5. Menjadi Lebih Cerdas

Belajar Al-Quran juga akan membuat seseorang menjadi lebih cerdas. Hal ini karena Al-Quran mengandung banyak ayat yang mengandung hikmah dan pengetahuan yang dapat meningkatkan kecerdasan seseorang. Sebagaimana firman Allah dalam QS Al-Baqarah ayat 269, "Allah memberikan hikmah kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa diberi hikmah, sesungguhnya dia telah diberi kebaikan yang banyak. Dan tidaklah dapat mengambil pelajaran kecuali orang yang berakal."

6. Menjadi Lebih Mudah Menghafal

Belajar Al-Quran juga akan membuat seseorang lebih mudah menghafal. Hal ini karena Al-Quran memiliki gaya bahasa yang indah dan mudah diingat. Sebagaimana firman Allah dalam QS Al-Qiyamah ayat 17-18, "Sesungguhnya, Aku akan memberikan kepadamu (wahai Muhammad) suatu Al-Quran yang tidak ada keraguan padanya. Dengan bahasa Arab yang jelas supaya kamu dapat memahaminya."

7. Menjadi Lebih Terpelihara dari Kesesatan

Belajar Al-Quran juga akan membuat seseorang lebih terpelihara dari kesesatan. Hal ini karena Al-Quran adalah petunjuk hidup yang benar dan jelas. Sebagaimana firman Allah dalam QS Al-An'am ayat 115, "Dan kalau engkau (wahai Muhammad) menuruti kebanyakan orang-orang yang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti persangkaan semata-mata, dan mereka tidak lain hanyalah mengada-adakan."

8. Menjadi Lebih Bersemangat dalam Beribadah

Belajar Al-Quran juga akan membuat seseorang lebih bersemangat dalam beribadah. Hal ini karena Al-Quran mengandung banyak ayat yang memotivasi dan mengajak untuk selalu beribadah kepada Allah SWT. Sebagaimana firman Allah dalam QS Al-Baqarah ayat 186, "Dan apabila hamba-Ku bertanya tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Oleh sebab itu, hendaklah mereka memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran."

9. Mendapatkan Perlindungan dari Allah SWT

Belajar Al-Quran juga akan membuat seseorang mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Hal ini karena Al-Quran mengandung banyak ayat yang dapat dijadikan sebagai perlindungan dari berbagai macam musibah dan bencana. Sebagaimana firman Allah dalam QS Al-Baqarah ayat 255, "Allah! Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Maha Hidup, Yang terus-menerus mengurus (makhluk-Nya). Tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar."

10. Mendapatkan Surga

Belajar Al-Quran juga akan membuat seseorang mendapatkan surga sebagai balasan atas kebaikan yang dilakukan. Hal ini karena Al-Quran adalah petunjuk hidup yang benar dan jelas. Sebagaimana firman Allah dalam QS Al-Baqarah ayat 25, "Dan berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bahwa bagi mereka ada surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Setiap kali mereka diberi rezeki dari buah-buahan surga itu, mereka berkata, 'Inilah rezeki yang telah diberikan kepada kami dahulu.' Mereka diberi serupa dengan itu. Dan bagi mereka di dalam surga itu istri-istri yang suci dan mereka kekal di dalamnya."

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...