hadis kelebihan mati hari jumaat

Islam sebagai agama yang sempurna memberikan panduan serta tuntunan dalam segala aspek kehidupan, termasuk dalam hal kematian. Salah satu aspek yang menjadi perhatian adalah keistimewaan meninggal dunia di hari Jumat. Berdasarkan beberapa hadis yang disebutkan dalam kitab-kitab hadis, ada beberapa keistimewaan yang dapat diperoleh oleh seseorang yang meninggal dunia di hari Jumat.

Keistimewaan Pertama: Dikumpulkan Bersama Orang Terbaik

Menurut hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah saw. bersabda, "Tidaklah seseorang meninggal dunia pada hari Jumat atau malam Jumat kecuali Allah akan menjaga dirinya dari siksa kubur, dan Dia akan memperlihatkan kepadanya tempatnya di surga dan Dia akan mengumpulkan dia bersama orang-orang yang dia sukai." Dari hadis ini, dapat disimpulkan bahwa orang yang meninggal dunia di hari Jumat akan dikumpulkan bersama orang-orang terbaik di surga.

Keistimewaan Kedua: Mendapat Pengampunan Dosa

Hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim juga menyebutkan bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa meninggal dunia pada hari Jumat atau malam Jumat, maka Allah akan menjaga dia dari siksa kubur dan Dia akan mengampuni dosa-dosanya." Dari hadis ini, dapat disimpulkan bahwa orang yang meninggal dunia di hari Jumat akan mendapat pengampunan dosa-dosanya.

Keistimewaan Ketiga: Dijadikan Sebagai Orang yang Beruntung

Hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Tirmidzi menyebutkan bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa meninggal dunia pada hari Jumat atau malam Jumat, maka Allah akan menjadikannya sebagai orang yang beruntung pada hari kiamat dan Dia akan memberikan kepadanya pahala seperti pahala dari seribu kiamat." Dari hadis ini, dapat disimpulkan bahwa orang yang meninggal dunia di hari Jumat akan dijadikan sebagai orang yang beruntung pada hari kiamat.

Keistimewaan Keempat: Dapat Melihat Allah SWT

Hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Abu Ya'la menyebutkan bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa meninggal dunia pada hari Jumat atau malam Jumat, maka Allah akan memperlihatkan dirinya kepada dirinya sendiri dan Dia akan memberikan kepadanya pahala seperti pahala dari seribu kiamat." Dari hadis ini, dapat disimpulkan bahwa orang yang meninggal dunia di hari Jumat akan dapat melihat Allah SWT.

Keistimewaan Kelima: Terjaga Dari Penyiksaan Kubur

Menurut hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim, Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa meninggal dunia pada hari Jumat atau malam Jumat, maka Allah akan menjaga dia dari siksa kubur." Dari hadis ini, dapat disimpulkan bahwa orang yang meninggal dunia di hari Jumat akan terjaga dari penyiksaan kubur.

Keistimewaan Keenam: Dapat Memperoleh Syafaat Rasulullah SAW

Hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Abu Daud menyebutkan bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa meninggal dunia pada hari Jumat atau malam Jumat, maka Allah akan memberikan kepadanya syafaatku pada hari kiamat." Dari hadis ini, dapat disimpulkan bahwa orang yang meninggal dunia di hari Jumat akan dapat memperoleh syafaat Rasulullah SAW pada hari kiamat.

Keistimewaan Ketujuh: Dapat Menjaga Agama Keluarga

Menurut hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa meninggal dunia pada hari Jumat atau malam Jumat, maka Allah akan menjaga agama keluarganya sampai akhir zaman." Dari hadis ini, dapat disimpulkan bahwa orang yang meninggal dunia di hari Jumat akan dapat menjaga agama keluarganya sampai akhir zaman.

Keistimewaan Kedelapan: Dapat Mendapat Pahala Shalat Jumat

Menurut hadis yang diriwayatkan oleh Ibn Majah, Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa meninggal dunia pada hari Jumat atau malam Jumat, maka dia akan mendapat pahala shalat Jumat yang dilakukan oleh seluruh umat manusia." Dari hadis ini, dapat disimpulkan bahwa orang yang meninggal dunia di hari Jumat akan mendapat pahala shalat Jumat yang dilakukan oleh seluruh umat manusia.

Kesimpulan

Setelah membaca beberapa hadis di atas, dapat disimpulkan bahwa meninggal dunia di hari Jumat memiliki keistimewaan-keistimewaan yang sangat besar. Oleh karena itu, sebagai umat Muslim, kita sebaiknya berusaha untuk selalu berdoa agar diberikan kemudahan dalam menjalankan ibadah dan diberi keistimewaan untuk meninggal dunia di hari Jumat. Namun, kita juga harus tetap berusaha untuk selalu mengamalkan ajaran Islam dan menjalankan ibadah dengan benar, sehingga dapat menjadi orang yang dicintai oleh Allah SWT dan mendapat tempat di surga-Nya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...