kelebihan bani israil dalam al quran

Al Quran menjadi panduan bagi umat Islam di seluruh dunia. Kitab suci ini mengandung banyak kisah yang menginspirasi dan dapat dijadikan sebagai pedoman hidup. Salah satu kisah yang terdapat dalam Al Quran adalah tentang kelebihan Bani Israil.

Sejarah Bani Israil

Bani Israil adalah keturunan Nabi Ya'qub atau yang lebih dikenal dengan Nabi Yakub. Nabi Yakub memiliki 12 orang anak yang kemudian menjadi bapak-bapak suku di Bani Israil. Bani Israil hidup di daerah Palestina dan Mesir pada masa itu. Mereka dipimpin oleh Nabi Musa dan diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan ajaran-Nya kepada umat manusia.

Kelebihan Bani Israil dalam Al Quran

Bani Israil memiliki banyak kelebihan yang terdapat dalam Al Quran. Berikut adalah beberapa kelebihan tersebut:

Mendapat Kitab Suci

Bani Israil mendapat kitab suci dari Allah SWT, yaitu Taurat. Kitab suci ini dijadikan sebagai pedoman hidup dan ajaran agama bagi Bani Israil.

Dipilih sebagai Umat Terbaik

Allah SWT memilih Bani Israil sebagai umat terbaik di antara umat-umat yang ada pada masa itu. Hal ini terdapat dalam Al Quran Surah Al Baqarah ayat 47 yang berbunyi "Hai Bani Israil, ingatlah akan nikmat-Ku yang telah Aku anugerahkan kepadamu dan bahwasanya Aku telah melebihkan kamu atas segala umat.".

Diberikan Makanan dari Langit

Allah SWT memberikan makanan dari langit kepada Bani Israil saat mereka berada di padang gurun selama 40 tahun. Makanan tersebut diberikan setiap hari dan disebut dengan manna dan salwa.

Diberikan Kekuatan

Bani Israil diberikan kekuatan oleh Allah SWT untuk mengalahkan musuh-musuh mereka. Hal ini terdapat dalam Al Quran Surah Al Maidah ayat 21 yang berbunyi "Hai kaumku, masuklah ke negeri yang telah ditetapkan Allah untukmu dan janganlah kamu berpaling ke belakang, karena kamu akan binasa.".

Kesimpulan

Bani Israil memiliki banyak kelebihan yang terdapat dalam Al Quran. Kelebihan tersebut dapat dijadikan sebagai inspirasi dan pedoman hidup bagi umat Islam di seluruh dunia. Semoga kita dapat mengambil hikmah dari kisah Bani Israil dan dapat mengamalkan ajaran agama dengan baik.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...