kelebihan berpuasa di hari arafah

Puasa adalah ibadah yang dilakukan oleh umat muslim sebagai bentuk pengabdian kepada Allah SWT. Selain sebagai kewajiban, puasa juga memiliki banyak keutamaan yang dapat dirasakan oleh umat muslim. Salah satu keutamaan puasa adalah ketika dilakukan pada hari Arafah.

Apa itu Hari Arafah?

Hari Arafah adalah hari ke-9 dari bulan Dzulhijjah, bulan terakhir dalam kalender hijriyah. Pada hari ini, jutaan umat muslim dari seluruh dunia berkumpul di Padang Arafah, Makkah, untuk melaksanakan ibadah haji. Namun, bagi umat muslim yang tidak melaksanakan haji, puasa pada hari Arafah juga memiliki keutamaan yang besar.

Kelebihan Berpuasa di Hari Arafah

Berpuasa pada hari Arafah memiliki banyak kelebihan, di antaranya:

1. Menghapuskan Dosa

Rasulullah SAW bersabda, "Puasa pada hari Arafah dapat menghapuskan dosa-dosa yang telah lalu dan yang akan datang." (HR. Muslim) Dengan berpuasa pada hari Arafah, dosa-dosa yang telah dilakukan di masa lalu akan diampuni dan dosa-dosa yang akan dilakukan di masa depan akan dihindarkan.

2. Menambah Pahala

"Puasa pada hari Arafah adalah pahala yang diberikan oleh Allah SWT kepada hamba-Nya yang berpuasa pada hari itu." (HR. Tirmidzi) Dengan berpuasa pada hari Arafah, umat muslim akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT. Pahala ini akan menjadi modal untuk memasuki akhirat nanti.

3. Menghapuskan Kekeliruan

Berpuasa pada hari Arafah juga dapat menghapuskan kekeliruan. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, "Puasa pada hari Arafah dapat menghapuskan kesalahan yang dilakukan selama satu tahun sebelumnya dan satu tahun yang akan datang." (HR. Muslim) Dengan demikian, umat muslim yang berpuasa pada hari Arafah akan terhindar dari segala kesalahan dan kekeliruan.

4. Menjadi Penebus Dosa

Berpuasa pada hari Arafah juga dapat menjadi penebus dosa. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, "Jika seseorang berpuasa pada hari Arafah, maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan yang akan datang." (HR. Abu Daud) Dengan berpuasa pada hari Arafah, umat muslim akan mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki diri dan memohon ampunan dari Allah SWT.

5. Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Berpuasa pada hari Arafah juga dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, "Puasa pada hari Arafah adalah puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan. Puasa ini dapat menghapuskan dosa-dosa dan dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT." (HR. Tirmidzi) Dengan berpuasa pada hari Arafah, umat muslim akan mendapatkan keberkahan dan kecintaan dari Allah SWT.

Cara Berpuasa pada Hari Arafah

Berpuasa pada hari Arafah sangat mudah dilakukan. Umat muslim hanya perlu menahan diri dari makan dan minum dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Namun, berpuasa pada hari Arafah harus dilakukan dengan niat yang ikhlas dan penuh keyakinan.

Kesimpulan

Berpuasa pada hari Arafah memiliki banyak kelebihan, di antaranya menghapuskan dosa, menambah pahala, menghapuskan kekeliruan, menjadi penebus dosa, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Oleh karena itu, umat muslim di seluruh dunia disarankan untuk berpuasa pada hari Arafah dan memohon ampunan dari Allah SWT.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...