kelebihan puasa pada hari israk mikraj

Puasa adalah salah satu ibadah yang dianjurkan dalam agama Islam. Selain sebagai bentuk pengabdian kepada Allah SWT, puasa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, terdapat kelebihan puasa pada hari Israk Mikraj yang wajib diketahui oleh umat muslim.

Apa itu Hari Israk Mikraj?

Hari Israk Mikraj adalah peringatan hari perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dan kemudian naik ke langit. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 27 Rajab dalam kalender hijriyah.

Keutamaan Puasa pada Hari Israk Mikraj

Puasa pada hari Israk Mikraj memiliki keutamaan yang sangat besar. Berikut adalah beberapa kelebihan puasa pada hari Israk Mikraj:

1. Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Dengan berpuasa pada hari Israk Mikraj, umat muslim dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Puasa merupakan bentuk ibadah yang paling dekat dengan Allah SWT, karena hanya Allah SWT yang mengetahui apakah seseorang benar-benar berpuasa atau tidak.

2. Menambah Pahala

Setiap amalan yang dilakukan pada hari Israk Mikraj akan dilipatgandakan pahalanya. Hal ini berlaku pula untuk puasa. Dengan berpuasa pada hari Israk Mikraj, umat muslim dapat menambah pahala yang akan diterima di akhirat nanti.

3. Membersihkan Diri dari Dosa

Puasa pada hari Israk Mikraj juga dapat membantu umat muslim membersihkan diri dari dosa-dosa yang telah dilakukan. Dengan menahan diri dari makan dan minum, umat muslim akan lebih mudah untuk mengontrol diri dan menjauhi perbuatan dosa.

4. Meningkatkan Ketaqwaan

Puasa pada hari Israk Mikraj dapat membantu meningkatkan ketaqwaan umat muslim. Dengan berpuasa, umat muslim akan lebih sadar akan keberadaan Allah SWT dan akan lebih rajin dalam melakukan ibadah-ibadah lainnya.

Cara Berpuasa pada Hari Israk Mikraj

Untuk berpuasa pada hari Israk Mikraj, umat muslim dapat mengikuti cara berpuasa seperti pada bulan Ramadhan. Namun, puasa pada hari Israk Mikraj hanya dianjurkan dan tidak wajib. Umat muslim juga dapat melakukan amalan-amalan lainnya seperti membaca Al-Quran, shalat malam, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Puasa pada hari Israk Mikraj memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi umat muslim. Selain sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT, puasa juga dapat membantu meningkatkan ketaqwaan dan membersihkan diri dari dosa-dosa yang telah dilakukan. Oleh karena itu, umat muslim disarankan untuk berpuasa pada hari Israk Mikraj sebagai bentuk pengabdian kepada Allah SWT.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...