kelebihan puasa tasua dan asyura

Puasa Tasua dan Asyura adalah puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 9 dan 10 Muharram. Pada masa lalu, puasa ini sudah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dan umat Islam lainnya.

1. Merupakan Amalan Sunnah

Puasa Tasua dan Asyura adalah amalan sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dengan melakukan puasa ini, kita bisa meraih pahala dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

2. Mendapatkan Pengampunan Dosa

Melakukan puasa Tasua dan Asyura bisa membantu kita mendapatkan pengampunan dosa. Hal ini karena pada hari Asyura, Allah SWT memberikan pengampunan kepada Nabi Adam AS atas dosanya yang pernah dilakukan.

3. Meningkatkan Ketaqwaan Kita

Dengan melakukan puasa Tasua dan Asyura, kita bisa meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Kita bisa lebih dekat dengan-Nya dan memperkuat ikatan antara kita dengan Sang Pencipta.

4. Menjaga Kesehatan Tubuh

Melakukan puasa Tasua dan Asyura juga bisa membantu kita menjaga kesehatan tubuh. Dengan tidak makan dan minum selama beberapa jam, tubuh kita bisa membersihkan diri dari racun dan kotoran yang ada di dalamnya.

5. Menjadi Contoh Bagi Orang Lain

Dengan melakukan puasa Tasua dan Asyura, kita bisa menjadi contoh bagi orang lain. Kita bisa menunjukkan kepada mereka betapa pentingnya melakukan amalan sunnah ini dan bagaimana puasa bisa membantu kita mendekatkan diri kepada Allah SWT.

6. Meningkatkan Rasa Syukur Kita

Dengan melakukan puasa Tasua dan Asyura, kita bisa meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT. Kita bisa bersyukur atas semua nikmat dan karunia yang telah diberikan-Nya kepada kita.

7. Meningkatkan Kehidupan Sosial

Puasa Tasua dan Asyura juga bisa meningkatkan kehidupan sosial kita. Kita bisa lebih dekat dengan keluarga, teman, dan lingkungan sekitar kita. Kita bisa berbagi makanan dan minuman dengan mereka yang membutuhkan.

8. Meningkatkan Kepekaan Kita terhadap Masalah Sosial

Melakukan puasa Tasua dan Asyura juga bisa meningkatkan kepekaan kita terhadap masalah sosial yang ada di sekitar kita. Kita bisa lebih memperhatikan kondisi orang-orang yang kurang beruntung dan berusaha membantu mereka sebisa mungkin.

9. Memperkuat Persaudaraan Islam

Puasa Tasua dan Asyura juga bisa memperkuat persaudaraan Islam. Kita bisa merayakan puasa ini bersama-sama dengan saudara-saudara kita sesama umat Islam di seluruh dunia.

10. Meraih Pahala dan Berkah dari Allah SWT

Dengan melakukan puasa Tasua dan Asyura, kita bisa meraih pahala dan berkah dari Allah SWT. Allah SWT akan memberikan balasan yang besar kepada kita yang berpuasa dengan ikhlas dan tulus.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...