kelebihan selawat dan istighfar

Selawat dan istighfar merupakan dua amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Selawat adalah doa yang dilakukan untuk memohon keberkatan kepada Nabi Muhammad SAW. Sedangkan istighfar adalah doa yang dilakukan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Kedua amalan ini memiliki banyak kelebihan yang dapat membuat hidup kita menjadi lebih baik. Berikut adalah beberapa kelebihan selawat dan istighfar:

Kelebihan Selawat

Selawat memiliki banyak kelebihan seperti:

1. Mendapat Syafaat Nabi Muhammad SAW

Dengan melakukan selawat, kita dapat mendapat syafaat dari Nabi Muhammad SAW di hari kiamat. Syafaat Nabi Muhammad SAW sangatlah besar dan bisa membantu kita mendapat tempat yang baik di akhirat.

2. Mendapat Keberkatan dari Allah SWT

Setiap kali kita melakukan selawat, kita memohon keberkatan dari Allah SWT. Keberkatan Allah SWT sangatlah penting untuk kehidupan kita di dunia dan akhirat. Dengan keberkatan Allah SWT, segala urusan kita akan menjadi lebih mudah dan lancar.

3. Menambah Pahala

Setiap kali kita melakukan selawat, kita akan mendapat pahala yang besar. Pahala tersebut akan terus mengalir meskipun kita sudah meninggal dunia. Sehingga selawat dapat menjadi bekal kita di akhirat nanti.

Kelebihan Istighfar

Selain selawat, istighfar juga memiliki banyak kelebihan seperti:

1. Mendapatkan Ampunan dari Allah SWT

Dengan melakukan istighfar, kita memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan yang kita perbuat. Dengan ampunan Allah SWT, kita akan merasa tenang dan damai.

2. Meningkatkan Kualitas Iman

Dengan melakukan istighfar, kita akan semakin sadar akan kesalahan yang kita perbuat dan berusaha untuk memperbaiki diri. Hal ini akan meningkatkan kualitas iman kita dan membuat kita semakin dekat dengan Allah SWT.

3. Membuat Hidup Lebih Tenang

Dengan melakukan istighfar, kita akan merasa lebih tenang dan damai karena merasa telah memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan yang pernah kita lakukan. Hal ini akan membuat hidup kita menjadi lebih baik.

Cara Melakukan Selawat dan Istighfar

Melakukan selawat dan istighfar sangatlah mudah. Berikut adalah beberapa cara melakukan selawat dan istighfar:

1. Selawat

Untuk melakukan selawat, kita dapat membaca shalawat nabi seperti shalawat Ibrahimiyah, shalawat badar, shalawat nariyah, dan lain-lain. Selain itu, kita juga dapat membaca kalimat "Allahumma sholli 'ala Muhammad wa 'ala ali Muhammad" sebanyak mungkin.

2. Istighfar

Untuk melakukan istighfar, kita dapat membaca kalimat "Astaghfirullahal 'adzim" sebanyak mungkin. Selain itu, kita juga dapat membaca doa istighfar yang terdapat dalam Al-Quran seperti "Rabbana ghfirli wa liwalidayya wa lil mu'minina yauma yaqumul hisab" (QS. Ibrahim: 41).

Kesimpulan

Selawat dan istighfar memiliki banyak kelebihan yang dapat membuat hidup kita menjadi lebih baik. Dengan melakukan selawat dan istighfar secara rutin, kita akan mendapatkan berbagai kebaikan dan keberkatan dari Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, mari kita rajin melakukan selawat dan istighfar agar hidup kita selalu diberkahi oleh Allah SWT.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...