kelebihan selawat ke atas nabi

Selawat atau shalawat merupakan doa yang paling sering dibaca oleh umat Islam. Selain digunakan untuk memuji Allah SWT, selawat juga digunakan untuk memuji Nabi Muhammad SAW. Selawat ke atas Nabi sendiri memiliki kelebihan yang sangat besar untuk umat Islam. Apa saja kelebihan selawat ke atas Nabi? Berikut penjelasannya.

1. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Dalam Islam, Nabi Muhammad SAW dianggap sebagai utusan Allah SWT yang paling mulia. Oleh karena itu, dengan memuji Nabi Muhammad SAW melalui selawat, kita juga sedang mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebab, Allah SWT sangat menyukai orang-orang yang mencintai dan memuji Nabi Muhammad SAW.

2. Mendapatkan Syafaat Nabi Muhammad SAW

Salah satu kelebihan selawat ke atas Nabi adalah dapat mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW di hari akhir nanti. Dalam hadis riwayat Imam Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barang siapa yang berselawat kepadaku sekali, maka Allah akan berselawat kepadanya sepuluh kali.”

3. Mendapatkan Pahala Yang Besar

Dalam hadis riwayat Imam Muslim, Nabi Muhammad SAW juga bersabda, “Barang siapa yang berselawat kepadaku sekali, maka Allah akan memberikan kepadanya sepuluh kebaikan.” Artinya, dengan berselawat ke atas Nabi, kita akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.

4. Membersihkan Diri dari Dosa

Berselawat ke atas Nabi juga dapat membersihkan diri dari dosa-dosa yang pernah dilakukan. Hal ini dikarenakan selawat merupakan bentuk pengakuan atas kebesaran Nabi Muhammad SAW dan pengakuan atas dosa yang pernah dilakukan. Sehingga, dengan berselawat ke atas Nabi, dosa-dosa yang pernah dilakukan dapat diampuni oleh Allah SWT.

5. Mendapatkan Rahmat dan Keberkahan

Selain mendapatkan pahala yang besar, dengan berselawat ke atas Nabi, kita juga akan mendapatkan rahmat dan keberkahan dari Allah SWT. Hal ini dikarenakan selawat merupakan bentuk pengakuan atas kebesaran Nabi Muhammad SAW yang telah membawa rahmat dan keberkahan bagi umat manusia.

6. Meleburkan Duri-Duri Hati

Dalam hadis riwayat Imam Tirmidzi, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barang siapa yang berselawat kepadaku seratus kali pada siang hari dan malam hari, maka Allah akan menghapuskan darinya seratus kegelisahan, seratus kegelapan, dan seratus kesedihan.” Artinya, dengan berselawat ke atas Nabi, duri-duri hati yang pernah ada dapat melebur dan membuat hati menjadi lebih lapang dan tenang.

7. Menjaga Hubungan dengan Nabi Muhammad SAW

Dengan berselawat ke atas Nabi, kita juga sedang menjaga hubungan dengan Nabi Muhammad SAW. Sebab, selawat merupakan bentuk penghormatan dan pengakuan atas kebesaran Nabi Muhammad SAW. Sehingga, dengan selalu berselawat ke atas Nabi, kita tidak akan pernah melupakan kebesaran Nabi Muhammad SAW dan selalu menjaga hubungan dengan beliau.

8. Menjadi Lebih Dekat dengan Nabi Muhammad SAW

Berselawat ke atas Nabi juga dapat membuat kita menjadi lebih dekat dengan Nabi Muhammad SAW. Hal ini dikarenakan selawat merupakan bentuk penghormatan dan pengakuan atas kebesaran Nabi Muhammad SAW. Sehingga, dengan selalu berselawat ke atas Nabi, kita akan merasa lebih dekat dengan beliau.

9. Menjadi Lebih Disayangi oleh Allah SWT

Dalam hadis riwayat Imam Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah SWT dan para malaikat-Nya bershalawat untukku. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah untukku.” Artinya, dengan berselawat ke atas Nabi, kita akan mendapatkan kasih sayang dari Allah SWT dan para malaikat-Nya.

10. Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Terakhir, kelebihan selawat ke atas Nabi adalah dapat membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik. Hal ini dikarenakan selawat merupakan bentuk pengakuan atas kebesaran Nabi Muhammad SAW dan pengakuan atas dosa yang pernah dilakukan. Sehingga, dengan selalu berselawat ke atas Nabi, kita akan merasa lebih terpanggil untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Demikianlah kelebihan selawat ke atas Nabi yang perlu diketahui oleh umat Islam. Selawat merupakan salah satu doa yang sangat bermanfaat untuk umat Islam, terutama dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, marilah kita selalu berselawat ke atas Nabi Muhammad SAW dengan ikhlas dan penuh penghormatan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...