kelebihan surah al waqiah ayat 1-10

Surah Al Waqiah merupakan salah satu surat dalam Al Quran yang memiliki keutamaan dan kelebihan tersendiri. Surat ini terdiri dari 96 ayat dan termasuk dalam golongan surat Makkiyah. Surah ini juga sering dibaca oleh masyarakat Indonesia dalam berbagai acara keagamaan seperti pernikahan, khitanan, dan lain sebagainya. Namun, khusus dalam artikel ini akan dibahas kelebihan dari ayat 1-10 dari Surah Al Waqiah.

Ayat 1-2:

"Apabila terjadi hari kiamat, tidak ada yang bisa membantah kebenarannya. Kepada siapakah hari itu akan datang? Kepada Allah Yang Maha Mengetahui segala sesuatu."

Kelebihan dari ayat pertama dan kedua Surah Al Waqiah adalah memberikan pengertian dan keyakinan kepada kita bahwa hari kiamat itu pasti terjadi dan tidak ada yang bisa membantah kebenarannya. Ayat ini juga mengajak kita untuk selalu mengingat bahwa hanya kepada Allah-lah kita akan kembali dan hanya Allah-lah yang mengetahui segala sesuatu.

Ayat 3-4:

"Pada malam itu, bumi diguncangkan dengan guncangan yang hebat, dan gunung-gunung dihancurkan sehingga menjadi debu yang beterbangan."

Ayat ketiga dan keempat Surah Al Waqiah menceritakan tentang kejadian pada malam hari kiamat. Kelebihan dari ayat ini adalah memberikan gambaran yang sangat jelas tentang betapa dahsyatnya kejadian pada malam hari kiamat. Dalam ayat ini juga terlihat kekuasaan Allah yang tak terbatas dalam menghancurkan segala sesuatu.

Ayat 5-6:

"Dan kamu akan dibagi menjadi tiga golongan. Orang-orang kanan (yang beriman), orang-orang kiri (yang kafir), dan orang-orang yang mendahului (yang paling utama) dalam kebaikan."

Kelebihan dari ayat kelima dan keenam Surah Al Waqiah adalah memberikan pengertian tentang pembagian manusia pada hari kiamat menjadi tiga golongan. Golongan pertama adalah orang-orang kanan yang beriman, golongan kedua adalah orang-orang kiri yang kafir, dan golongan ketiga adalah orang-orang yang mendahului dalam kebaikan. Dengan mengetahui pembagian ini, kita harus berusaha untuk termasuk dalam golongan orang-orang kanan yang beriman dan mendahului dalam kebaikan.

Ayat 7-8:

"Orang-orang kanan (yang beriman) akan berada di dalam surgawi yang dipenuhi dengan buah-buahan. Mereka akan duduk di atas singgasana-singgasana yang indah dan disebarkan di bawah mereka permadani yang lembut."

Ayat ketujuh dan kedelapan Surah Al Waqiah memberikan gambaran tentang surgawi yang akan ditempati oleh orang-orang kanan yang beriman di hari kiamat. Kelebihan dari ayat ini adalah memberikan pengertian tentang keindahan surgawi yang dipenuhi dengan buah-buahan, singgasana yang indah, dan permadani yang lembut. Dengan mengetahui keindahan ini, kita harus berusaha untuk termasuk dalam golongan orang-orang kanan yang beriman.

Ayat 9-10:

"Orang-orang kiri (yang kafir) akan berada di dalam neraka yang menyala-nyala. Mereka akan minum air yang sangat panas dan tidak akan memiliki makanan selain dari pohon yang tidak baik dan berduri."

Kelebihan dari ayat kesembilan dan kesepuluh Surah Al Waqiah adalah memberikan gambaran tentang neraka yang akan ditempati oleh orang-orang kiri yang kafir di hari kiamat. Ayat ini memberikan pengertian tentang siksaan yang akan diterima oleh orang-orang kafir di neraka yang menyala-nyala dan mereka akan minum air yang sangat panas serta tidak akan memiliki makanan selain dari pohon yang tidak baik dan berduri. Dengan mengetahui gambaran ini, kita harus berusaha untuk selalu berada dalam jalan yang benar dan tidak termasuk dalam golongan orang-orang kiri yang kafir.

Kesimpulan:

Kelebihan dari ayat 1-10 Surah Al Waqiah adalah memberikan gambaran yang sangat jelas tentang hari kiamat, pembagian manusia pada hari kiamat, surgawi yang akan ditempati oleh orang-orang kanan yang beriman, dan neraka yang akan ditempati oleh orang-orang kiri yang kafir. Dengan mengetahui kelebihan ini, kita harus selalu berusaha untuk berada dalam jalan yang benar dan termasuk dalam golongan orang-orang kanan yang beriman dan mendahului dalam kebaikan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...