kelebihan surah al waqiah ayat

Surah Al Waqiah adalah salah satu dari 114 surah dalam Al-Quran. Surah ini termasuk dalam juz ke-27 dan terdiri dari 96 ayat. Surah Al Waqiah memiliki keutamaan dan kelebihan tersendiri bagi yang membacanya.

1. Memberikan Rezeki yang Berlimpah

Salah satu kelebihan Surah Al Waqiah adalah dapat membuka pintu rezeki yang berlimpah. Dalam ayat ke-96 disebutkan bahwa "Dan janganlah kamu bersumpah bahwa sesuatu itu tidak akan memberi manfaat bagimu, sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan."

Dalam Surah Al Waqiah juga terdapat ayat yang menyebutkan tentang kekayaan, seperti pada ayat ke-29: "Dan jadikanlah untuk mereka sebuah perumpamaan, yaitu seorang lelaki yang Kami jadikan untuknya dua telinga, dan dua mata, dan dua bibir, dan Kami tunjukkan padanya dua jalan (yang baik dan buruk), maka dia memilih jalan yang buruk, lalu dia menjadi orang yang sesat."

2. Membuka Pintu Kebaikan

Selain membuka pintu rezeki, Surah Al Waqiah juga dapat membuka pintu kebaikan. Ayat ke-93 menyebutkan bahwa "Maka janganlah kamu sekali-kali menghinakan dirimu sendiri, dan janganlah kamu bersedih hati, karena sesungguhnya Allah menyayangi orang-orang yang bertakwa."

Dalam Surah Al Waqiah juga terdapat ayat yang menyebutkan tentang kebaikan, seperti pada ayat ke-35: "Sesungguhnya Kami ciptakan mereka (jin dan manusia) dengan tujuan mereka beribadah kepada Kami."

3. Mendapat Perlindungan dari Setan

Surah Al Waqiah juga dapat memberikan perlindungan dari setan. Dalam ayat ke-81 disebutkan bahwa "Dan sesungguhnya itu (Al-Quran) adalah suatu pengajaran yang besar."

Dalam Surah Al Waqiah juga terdapat ayat yang menyebutkan tentang perlindungan dari setan, seperti pada ayat ke-26: "Dan orang yang diberikan Al-Quran maka dia diberi pula kebesaran (oleh Allah)."

4. Mendapat Pahala yang Besar

Membaca Surah Al Waqiah juga dapat memberikan pahala yang besar. Dalam ayat ke-19 disebutkan bahwa "Dan janganlah kamu sekali-kali menghinakan orang yang berdoa kepada Rabb-nya dengan malu-malu, dan janganlah kamu pula mengabaikannya."

Dalam Surah Al Waqiah juga terdapat ayat yang menyebutkan tentang pahala, seperti pada ayat ke-88: "Dan jangan sekali-kali kamu bersumpah dengan nama Allah, kecuali dengan (sikap yang) benar. Dan janganlah kamu menyalahi sumpah itu, sesudah mengucapkannya, sedangkan kamu telah menjadikan Allah sebagai saksi atas dirimu. Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan."

5. Mendapat Perlindungan dari Siksa Kubur

Surah Al Waqiah juga dapat memberikan perlindungan dari siksa kubur. Dalam ayat ke-74 disebutkan bahwa "Dan sesungguhnya jika kamu memperhatikan mereka (orang-orang kafir), niscaya kamu akan lari dari mereka dan kamu merasa takut pada mereka."

Dalam Surah Al Waqiah juga terdapat ayat yang menyebutkan tentang perlindungan dari siksa kubur, seperti pada ayat ke-56: "Dan mereka tidak merasa takut akan hari yang di dalamnya manusia akan dipanggil kepada Tuhan mereka."

6. Mendapat Ketenangan Hati

Membaca Surah Al Waqiah juga dapat memberikan ketenangan hati. Dalam ayat ke-89 disebutkan bahwa "Dan Kami tidak mengutus kamu (Muhammad), melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam."

Dalam Surah Al Waqiah juga terdapat ayat yang menyebutkan tentang ketenangan hati, seperti pada ayat ke-60: "Dan pada malam hari beristirahatlah kamu, kecuali sedikit."

7. Memperoleh Hidayah dari Allah

Surah Al Waqiah juga dapat membantu memperoleh hidayah dari Allah. Dalam ayat ke-81 disebutkan bahwa "Dan sesungguhnya itu (Al-Quran) adalah suatu pengajaran yang besar."

Dalam Surah Al Waqiah juga terdapat ayat yang menyebutkan tentang hidayah, seperti pada ayat ke-27: "Maka apakah mereka tidak melihat kepada burung yang mengembangkan sayapnya di atas mereka dan mengempangkan (sayapnya)? Tidak ada yang menahan burung-burung itu kecuali Allah. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang beriman."

8. Menjauhkan dari Kemiskinan

Surah Al Waqiah juga dapat menjauhkan dari kemiskinan. Dalam ayat ke-7 disebutkan bahwa "Dan kamu tidak menghidupkan segala sesuatu yang mati, dan tidak pula kamu mengeluarkan segala sesuatu dari yang hidup, melainkan Allah."

Dalam Surah Al Waqiah juga terdapat ayat yang menyebutkan tentang kemiskinan, seperti pada ayat ke-35: "Sesungguhnya Kami ciptakan mereka (jin dan manusia) dengan tujuan mereka beribadah kepada Kami."

9. Membuka Pintu Ketenangan Jiwa

Membaca Surah Al Waqiah juga dapat membuka pintu ketenangan jiwa. Dalam ayat ke-56 disebutkan bahwa "Dan mereka tidak merasa takut akan hari yang di dalamnya manusia akan dipanggil kepada Tuhan mereka."

Dalam Surah Al Waqiah juga terdapat ayat yang menyebutkan tentang ketenangan jiwa, seperti pada ayat ke-60: "Dan pada malam hari beristirahatlah kamu, kecuali sedikit."

10. Mendapat Perlindungan dari Segala Musibah

Surah Al Waqiah juga dapat memberikan perlindungan dari segala musibah. Dalam ayat ke-62 disebutkan bahwa "Dan mereka tidak merasa takut akan hari yang di dalamnya manusia akan dipanggil kepada Tuhan mereka."

Dalam Surah Al Waqiah juga terdapat ayat yang menyebutkan tentang perlindungan dari segala musibah, seperti pada ayat ke-35: "Sesungguhnya Kami ciptakan mereka (jin dan manusia) dengan tujuan mereka beribadah kepada Kami."

11. Mendapat Perlindungan dari Api Neraka

Surah Al Waqiah juga dapat memberikan perlindungan dari api neraka. Dalam ayat ke-81 disebutkan bahwa "Dan sesungguhnya itu (Al-Quran) adalah suatu pengajaran yang besar."

Dalam Surah Al Waqiah juga terdapat ayat yang menyebutkan tentang perlindungan dari api neraka, seperti pada ayat ke-56: "Dan mereka tidak merasa takut akan hari yang di dalamnya manusia akan dipanggil kepada Tuhan mereka."

12. Meningkatkan Kualitas Iman

Membaca Surah Al Waqiah juga dapat meningkatkan kualitas iman. Dalam ayat ke-93 disebutkan bahwa "Maka janganlah kamu sekali-kali menghinakan dirimu sendiri, dan janganlah kamu bersedih hati, karena sesungguhnya Allah menyayangi orang-orang yang bertakwa."

Dalam Surah Al Waqiah juga terdapat ayat yang menyebutkan tentang kualitas iman, seperti pada ayat ke-12: "Dan apakah kamu melihat air yang kamu minum?"

13. Memberikan Kemudahan dalam Urusan Dunia dan Akhirat

Surah Al Waqiah juga dapat memberikan kemudahan dalam urusan dunia dan akhirat. Dalam ayat ke-64 disebutkan bahwa "Dan sesungguhnya Kami lebih mengetahui apa yang diucapkannya, dan Kami lebih tahu akan apa yang disembunyikannya."

Dalam Surah Al Waqiah juga terdapat ayat yang menyebutkan tentang kemudahan, seperti pada ayat ke-35: "Sesungguhnya Kami ciptakan mereka (jin dan manusia) dengan tujuan mereka beribadah kepada Kami."

14. Membuka Pintu Pengampunan Dosa

Surah Al Waqiah juga dapat membuka pintu pengampunan dosa. Dalam ayat ke-82 disebutkan bahwa "Dan sesungguhnya kalau saja dia (manusia) sabar dan taat (kepada Allah), niscaya pasti akan lebih baik baginya."

Dalam Surah Al Waqiah juga terdapat ayat yang menyebutkan tentang pengampunan dosa, seperti pada ayat ke-29: "Dan jadikanlah untuk mereka sebuah perumpamaan, yaitu seorang lelaki yang Kami jadikan untuknya dua telinga, dan dua mata, dan dua bibir, dan Kami tunjukkan padanya dua jalan (yang baik dan buruk), maka dia memilih jalan yang buruk, lalu dia menjadi orang yang sesat."

15. Mendapat Perlindungan dari Godaan Syaitan

Surah Al Waqiah juga dapat memberikan perlindungan dari godaan syaitan. Dalam ayat ke-27 disebutkan bahwa "Maka apakah mereka tidak melihat kepada burung yang mengembangkan sayapnya di atas mereka dan mengempangkan (sayapnya)? Tidak ada yang menahan burung-burung itu kecuali Allah. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang beriman."

Dalam Surah Al Waqiah juga terdapat ayat yang menyebutkan tentang perlindungan dari godaan syaitan, seperti pada ayat ke-81: "Dan sesungguhnya itu (Al-Quran) adalah suatu pengajaran yang besar."

16. Mendapat Keberkahan dalam Kehidupan

Membaca Surah Al Waqiah juga dapat memberikan keberkahan dalam kehidupan. Dalam ayat ke-96 disebutkan bahwa "Dan janganlah kamu bersumpah bahwa sesuatu itu tidak akan memberi manfaat bagimu, sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan."

Dalam Surah Al Waqiah juga terdapat ayat yang menyebutkan tentang keberkahan, seperti pada ayat ke-19: "Dan janganlah kamu sekali-kali menghinakan orang yang berdoa kepada Rabb-nya dengan malu-malu, dan janganlah kamu pula mengabaikannya."

17. Membuka Pintu Kesuksesan dalam Segala Hal

Surah Al Waqiah juga dapat membuka pintu kesuksesan dalam segala hal. Dalam ayat ke-81 disebutkan bahwa "Dan sesungguhnya itu (Al-Quran) adalah suatu pengajaran yang besar."

Dalam Surah Al Waqiah juga terdapat ayat yang menyebutkan tentang kesuksesan, seperti pada ayat ke-29: "Dan jadikanlah untuk mereka sebuah perumpamaan, yaitu seorang lelaki yang Kami jadikan untuknya dua telinga, dan dua mata, dan dua bibir, dan Kami tunjukkan padanya dua jalan (yang baik dan buruk), maka dia memilih jalan yang buruk, lalu dia menjadi orang yang sesat."

18. Mendapat Perlindungan dari Kemunafikan

Surah Al Waqiah juga dapat memberikan perlindungan dari kemunafikan. Dalam

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...