kelebihan surah yasin ayat 76

Surah Yasin adalah salah satu surah yang paling sering dibaca oleh umat Islam. Surah ini terdiri dari 83 ayat dan termasuk ke dalam golongan surah Makkiyah. Salah satu ayat yang memiliki kelebihan yaitu ayat 76. Apa sajakah kelebihan dari ayat tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Makna Ayat 76

Ayat 76 Surah Yasin berbunyi:

إِنَّا جَعَلْنَا فِي أَعْنَاقِهِمْ أَغْلاَلاً فَهِيَ إِلَى الأَذْقَانِ فَهُم مُّقْمَحُونَ

Artinya: Sesungguhnya Kami telah menempatkan belenggu di leher mereka sedang belenggu itu sampai ke dagu, maka mereka terpaksa menjunjung beban itu (berjalan) dengan kepala condong.

Kelebihan Ayat 76

Ada beberapa kelebihan dari ayat 76 Surah Yasin, antara lain:

1. Menunjukkan Kekuasaan Allah

Dalam ayat ini, Allah memperlihatkan kekuasaan-Nya dengan menempatkan belenggu di leher orang-orang kafir. Ini menunjukkan bahwa tidak ada yang dapat mengalahkan kekuasaan Allah dan bahwa segala sesuatu di dunia ini adalah atas kehendak-Nya.

2. Menjadi Pelajaran Bagi Umat Manusia

Ayat ini juga menjadi pelajaran bagi umat manusia bahwa tidak ada yang dapat melawan kehendak Allah dan bahwa semua yang terjadi di dunia ini adalah atas kehendak-Nya. Umat manusia harus selalu mengingat bahwa Allah-lah yang berkuasa atas segala sesuatu dan bahwa mereka harus selalu merendahkan diri di hadapan-Nya.

3. Memberikan Harapan Bagi Orang yang Beriman

Bagi orang yang beriman, ayat ini memberikan harapan bahwa Allah-lah yang akan menolong mereka dalam menghadapi segala rintangan dan cobaan di dunia ini. Allah akan selalu memberikan pertolongan-Nya kepada orang-orang yang beriman dan taat kepada-Nya.

Kesimpulan

Demikianlah kelebihan dari ayat 76 Surah Yasin. Ayat ini memberikan pelajaran bagi umat manusia bahwa Allah-lah yang berkuasa atas segala sesuatu dan bahwa orang-orang yang beriman akan selalu mendapatkan pertolongan dari-Nya. Oleh karena itu, sebagai umat manusia yang beriman, kita harus selalu merendahkan diri di hadapan Allah dan berusaha untuk selalu taat kepada-Nya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...