manfaat membaca surah yasin setelah sholat maghrib

Sholat maghrib merupakan salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan oleh setiap umat muslim. Setelah menyelesaikan sholat maghrib, ada beberapa amalan sunnah yang bisa dilakukan, salah satunya adalah membaca surah yasin. Membaca surah yasin setelah sholat maghrib memiliki banyak manfaat, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Berikut ini adalah beberapa manfaat membaca surah yasin setelah sholat maghrib.

1. Menambah Pahala

Membaca surah yasin setelah sholat maghrib akan menambah pahala. Pahala yang didapatkan akan terus mengalir bahkan setelah kita meninggal dunia. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam hadits berikut:

"Barangsiapa yang membaca surah Yasin pada malam Jumat, maka baginya diampuni dosanya yang telah lalu."

HR. Al Baihaqi dan Al Hakim

2. Mendapat Perlindungan dari Allah SWT

Surah yasin mengandung banyak ayat-ayat yang dapat memberikan perlindungan dari Allah SWT. Membaca surah yasin setelah sholat maghrib akan membuat kita merasa aman dan tenang. Allah SWT akan memberikan perlindungan-Nya kepada kita dan menjauhkan kita dari segala macam bahaya. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surah yasin ayat 58:

"Katakanlah: "Dialah Yang memelihara dan melindungi, maka aku tidak dapat dilindungi dari (azab) Allah jika aku mendurhakai-Nya, dan aku tidak akan mendapat petunjuk selain dari-Nya. Sungguh aku hanya mengemban kewajiban menyampaikan (apa yang diwahyukan kepadaku) dan amanat (yang dipercayakan Allah kepadaku).""

QS. Yasin: 58

3. Mendapatkan Kemudahan dalam Urusan Dunia dan Akhirat

Membaca surah yasin setelah sholat maghrib juga dapat memberikan kemudahan dalam urusan dunia dan akhirat. Surah yasin mengandung banyak ayat-ayat yang dapat membimbing kita dalam menjalani kehidupan ini dengan baik dan benar. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surah yasin ayat 9:

"Dan Kami telah jadikan di antara mereka (penduduk negeri itu) tembok-tembok yang kokoh dan Kami jadikan di antara mereka sebuah jalan yang lurus, (dengan firman), "Ini adalah jalan-Ku, maka ikutilah Dia, dan janganlah kamu ikuti jalan-jalan yang lain, karena jalan-jalan yang lain itu akan mencerai-beraikan kamu dari jalan-Nya." Demikianlah Allah mengajarkan kepadamu supaya kamu bertakwa."

QS. Yasin: 9-10

4. Menenangkan Hati dan Pikiran

Membaca surah yasin setelah sholat maghrib juga dapat menenangkan hati dan pikiran. Surah yasin mengandung banyak ayat-ayat yang dapat membuat kita merasa tenang dan damai. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mental kita. Allah SWT berfirman dalam surah yasin ayat 28:

"Maka bersabarlah terhadap apa yang mereka ucapkan dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya."

QS. Yasin: 28

5. Menjaga Kesehatan Fisik

Membaca surah yasin setelah sholat maghrib juga dapat membantu menjaga kesehatan fisik kita. Surah yasin mengandung banyak ayat-ayat yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surah yasin ayat 82:

"Dan apabila kamu telah selesai (dari shalat), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan duniamu), dan ingatlah Allah dengan sebanyak-banyaknya, agar kamu beruntung."

QS. Al-Jumu'ah: 10

6. Membantu Mengatasi Masalah

Membaca surah yasin setelah sholat maghrib juga dapat membantu mengatasi masalah yang sedang dihadapi. Surah yasin mengandung banyak ayat-ayat yang dapat membantu menguatkan hati dan pikiran kita dalam menghadapi berbagai masalah. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surah yasin ayat 69:

"Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka seorang rasul dari kalangan mereka sendiri, maka mereka mendustakan dia, lalu azab pun menimpa mereka. Sesungguhnya Kami memberi pertolongan kepada orang-orang yang beriman."

QS. Yasin: 13

7. Memberikan Keberkahan dalam Hidup

Membaca surah yasin setelah sholat maghrib juga dapat memberikan keberkahan dalam hidup kita. Surah yasin mengandung banyak ayat-ayat yang dapat membantu kita mendapatkan keberkahan dalam segala aspek kehidupan. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surah yasin ayat 77:

"Telah datang kepada kamu kisah-kisah yang mengandung pelajaran dari Tuhanmu. Maka barangsiapa yang mau (menyadari kebenaran dan) beriman, niscaya ia akan mendapat manfaat yang sangat besar untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang menyekutukan Allah, maka sesungguhnya azab yang pedih akan menimpanya."

QS. Al-Kahfi: 105

8. Membantu Mengingat Kematian

Membaca surah yasin setelah sholat maghrib juga dapat membantu kita mengingat betapa pentingnya persiapan menghadapi kematian. Surah yasin mengandung banyak ayat-ayat yang mengingatkan kita akan kematian dan kehidupan di akhirat nanti. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surah yasin ayat 12:

"Sesungguhnya Kami hidupkan orang mati dan Kami menuliskan apa yang telah mereka kerjakan dan bekas-bekas yang mereka tinggalkan. Dan segala sesuatu Kami kumpulkan dalam Kitab Induk yang nyata (Lauh Mahfuzh)."

QS. Yasin: 12

9. Menghindarkan dari Sifat Munafik

Membaca surah yasin setelah sholat maghrib juga dapat membantu kita menghindarkan diri dari sifat munafik. Surah yasin mengandung banyak ayat-ayat yang mengajarkan kita untuk selalu jujur dan ikhlas dalam beribadah. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surah yasin ayat 71:

"Dan (ingatlah) hari Kami bangkitkan dari tiap-tiap umat seorang saksi (yang datang) dengan membawa bukti nyata (terhadap perbuatannya). Dan tidak diberi kesempatan kepada orang yang kafir itu (untuk memperoleh keuntungan) dan tidak (pula) mereka diberi kesempatan untuk meminta maaf."

QS. Yasin: 71

10. Meningkatkan Kualitas Ibadah

Membaca surah yasin setelah sholat maghrib juga dapat membantu meningkatkan kualitas ibadah kita. Surah yasin mengandung banyak ayat-ayat yang mengajarkan kita untuk selalu memperbaiki kualitas ibadah kita. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surah yasin ayat 77:

"Sesungguhnya Kami mengetahui apa yang mereka (orang-orang kafir) katakan, dan kamu bukanlah orang yang dapat memaksa mereka (untuk beriman). Maka ingatkanlah dengan Al Quran orang yang takut kepada-Ku."

QS. Yasin: 77

Demikianlah beberapa manfaat membaca surah yasin setelah sholat maghrib. Semoga dengan membaca surah yasin, kita selalu mendapatkan keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT serta selalu mendapatkan kemudahan dalam urusan dunia dan akhirat.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...