tata cara sholat tahajud yg benar

Tahajud merupakan salah satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam. Sholat tahajud dilakukan pada malam hari, setelah tidur sejenak dan sebelum waktu sholat subuh. Tahajud merupakan waktu yang sangat istimewa karena pada waktu tersebut, Allah SWT sangat meridhai hamba-Nya yang beribadah dengan khusyuk dan tawadhu. Berikut ini adalah tata cara sholat tahajud yang benar.

1. Mempersiapkan diri secara lahiriah dan batiniah

Sebelum melaksanakan sholat tahajud, sebaiknya kita mempersiapkan diri secara lahiriah dan batiniah. Kita harus memastikan bahwa tubuh kita dalam keadaan bersih dan suci. Selain itu, kita juga harus mempersiapkan diri secara batiniah dengan mengambil wudhu dan meninggalkan segala macam perbuatan yang tidak baik.

2. Membaca niat sholat tahajud

Setelah mempersiapkan diri secara lahiriah dan batiniah, selanjutnya kita harus membaca niat sholat tahajud. Niat sholat tahajud harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan tulus ikhlas untuk beribadah kepada Allah SWT.

3. Membaca doa tahajud

Sebelum melaksanakan sholat tahajud, sebaiknya kita membaca doa tahajud terlebih dahulu. Doa tahajud merupakan doa yang sangat dianjurkan untuk dibaca pada waktu malam hari. Dengan membaca doa tahajud, kita akan mendapatkan keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT.

4. Melakukan sholat sunnah tahajud

Setelah membaca niat dan doa tahajud, selanjutnya kita melaksanakan sholat sunnah tahajud. Sholat tahajud terdiri dari 8 rakaat, dengan masing-masing rakaat terdiri dari 2 sujud.

5. Membaca surat Al-Fatihah dan surat lainnya

Setelah melakukan takbiratul ihram, kita membaca surat Al-Fatihah dan surat lainnya. Surat yang dibaca pada sholat tahajud bisa disesuaikan dengan kemampuan kita.

6. Mengerjakan rukun sholat

Setelah membaca surat, selanjutnya kita melakukan rukun sholat seperti ruku dan sujud. Rukun sholat harus dilakukan dengan khusyuk dan tawadhu, sehingga kita bisa mendapatkan pahala yang maksimal dari Allah SWT.

7. Membaca dzikir dan doa

Setelah melakukan rukun sholat, kita membaca dzikir dan doa. Dzikir dan doa merupakan bagian yang sangat penting dari sholat tahajud, karena dengan membaca dzikir dan doa, kita akan semakin dekat dengan Allah SWT.

8. Mengerjakan sholat witir

Setelah selesai melakukan sholat sunnah tahajud, kita bisa melaksanakan sholat witir. Sholat witir dilakukan dengan 3 rakaat, dengan masing-masing rakaat terdiri dari 2 sujud.

9. Membaca doa setelah sholat witir

Setelah selesai melaksanakan sholat witir, kita membaca doa setelah sholat witir. Doa setelah sholat witir merupakan doa yang sangat dianjurkan untuk dibaca, karena dengan membaca doa tersebut, kita akan mendapatkan keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT.

10. Menjaga kekhusyukan dalam sholat tahajud

Yang terakhir dan yang paling penting adalah menjaga kekhusyukan dalam sholat tahajud. Kekhusyukan merupakan kunci utama dari keberhasilan dalam beribadah kepada Allah SWT. Oleh karena itu, kita harus benar-benar fokus dan khusyuk dalam melaksanakan sholat tahajud.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...